Persiapan Mobil di Musim Penghujan

mobil musim hujanRental Mobil Semarang | Tak terasa musim hujan sudah datang kembali, termasuk di wilayah kota Semarang. Pemilik kendaraan seharusnya bersiap-siap menyongsong datangnya musim hujan dengan cermat. Diperlukan beberapa persiapan dan perlengkapan untuk menghadapi curah air yang turun dari langit, jika tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan. Hujan yang lebat memperbesar resiko terjadinya kecelakaan bila tidak dilakukan persiapan dan pemeriksaan kondisi mobil dengan baik.

Namun jangan terlalu khawatir jika kita telah mempersiapkan mobil dengan baik. Apabila kondisi mobil sudah aman dan lengkap dengan peralatannya disamping jurus mengemudi yang hati-hati maka mengendarai mobil akan tetap aman. Dibawah ini ada beberapa tips persiapan yang harus dilakukan menghadapi musim hujan.

Periksa Wiper Pembersih Kaca
Karet wiper pada waktu musim hujan sangat penting fungsinya. Pada musim penghujan kondisi karet wiper harus bagus yaitu dapat menyapu kotoran maupun air hujan dengan sempurna. Apabila telah rusak karena kaku atau bergelombang akibat terpaan panas matahari, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

Isi penuh air pembasuh kaca
Sebelum bepergian terlebih pada musim penghujan pastikan anda cek isi air pembasuh kaca, periksa motor penggerak apakah berfungsi dengan baik?. Untuk hasil yang maksimal campurkan dengan cairan pembersih kaca, ini berfungsi untuk membantu menghilangkan kotoran yang mengendap dan menempel di kaca.

Periksa Kondisi Ban
Pastikan kembangan ban mobil masih baik / tidak gundul. Pada saat musim hujan kembangan / alur pada ban berfungsi untuk membuang air ke samping sehingga tidak terjadi gejala mobil mengambang diatas air. Periksa tekanan angin sesuai standar yang direkomendasikan atau tanyakan kepada bengkel berapa tekanan yang baik pada musim hujan. Ini berpengaruh dengan daya cengkeram ban ketika kita mengerem.

Periksa Atap Mobil atau Bagian Lain dari Kebocoran
Ini lebih dikhususkan pada pemilik mobil tua. Guyur dengan air dari atas dan sisi mobil, cek dengan teliti apakah ada air yang masuk dalam cabin. Jika ada maka segeralah mengusahakan untuk menutup kebocoran dengan cara diperbaiki sendiri atau dibawa ke bengkel. Atau Anda dapat juga memasang talang air. Ini dapat diperoleh di toko toko perlengkapan mobil. Fungsi dari talang air ini disamping menghalau terik sinar matahari yang dapat mengganggu sopir apabila sopir mengendarai mobil dengan kaca yang dibuka, juga berfungsi untuk melindungi mobil dari rembesnya air hujan yang masuk melalui celak kaca atau pintu mobil.

Periksa AC.
Kondisi AC yang bermasalah atau mati, tidak hanya bermasalah pada musim kemarau saja. Pada waktu musim penghujan jika AC tidak berfungsi maka akan menyebabkan ruangan dalam mobil menjadi panas jika dibandingkan dengan udara luar. Hal ini menyebabkan terjadinya pengembunan terutama pada kaca bagian dalam. Hal ini akan sangat mengganggu pandangan sopir. Pandangan yang tidak jelas ketika mengendarai akan beresiko terjadinya kecelakaan.

Setelah Kena Air Hujan Segera Cuci Mobil
Ada baiknya setelah kehujanan mobil segera dicuci dan diguyur dengan air bersih. Sudah kita ketahui bersama bahwa kota semarang terutama bagian bawah sering terjadi rob yaitu air laut naik ke permukaan. Jika terjadi hujan maka akan bercampur yang bisa menyebabkan korosi terutama pada kaki2 mobil. Jika malas guyurlah dengan air bersih dari selang ini untuk menghindari terjadi korosi pada mobil.

Diatas adalah beberapa tips untuk mempersiapkan diri dimusin penghujan. Mengemudilah dengan bati-hati pada saat musim hujan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *